-->

HP Android Kamu Lemot? Ini 5 Tips dan Trik Mengatasi Hape Android yang Lemot!


Dengan banyak keistimewaannya yang semakin canggih, inovasi android telah banyak diluncurkan oleh berbagai ahli teknologi smartphone terkemuka di dunia.

Banyak komponen yang dimasukkan ke dalamnya demi mendukung kemampuan android untuk lebih berkembang. Maka semakin ke sini semakin beragam fitur-fitur menarik yang dihadirkan ke dalam smartphone oleh para pengembang sistem operasi, demi mengimbangi kemampuan dan perkembangan android.

Dalam masalah harga, smartphone ditawarkan dengan harga yang beragam mulai dari 500 ribuan hingga puluhan juta, tentunya fitur dan spesifikasi di dalamnya disesuaikan dengan budget atau harga dari smartphone tersebut.

Di negara kita, hampir semua kalangan mengenal hp android, maka android kini tak lagi mengemban ‘predikat’ sebagai barang mewah di berbagai kalangan masyarakat.

Jika membahas mengenai kemudahan mengoperasikannya, hp android jelas menggoda dengan kelebihannya dari sistem operasi seluler lainnya dimana user dapat dengan mudah melakukan pengaturan dengan versi-nya sendiri.

Ada banyak alasan yang menyebabkan hal demikian terjadi, seperti misalnya spesifikasi smartphone yang tidak mampu ‘mengemban tugas’ menjalankan aplikasi secara multitasking, memori penyimpanan yang minim, hingga menumpuknya banyak cache dari berbagai aplikasi yang ada di dalam sistem smartphone android.

Kita pun sering dibuat jengkel dengan kondisi smartphone yang seperti itu, kan?

Namun, sebagai pengguna smartphone yang bijak, jangan khawatir karena pada postingan ini saya akan membagikan sedikit penyebab dan tips cara mengatasi hp android yang lemot atau lambat. Silakan disimak ya.

5 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot atau Lambat

1. Cek Apakah Memori Internal Penuh
Sepertinya setiap pengguna android harus paham bahwa pemasangan aplikasi maupun menyimpan data terlalu banyak dapat menyebabkan ruang memori internal semakin menipis.

Akibatnya, hp pun menjadi berat (lemot) dan terjadi lag.

Sebaiknya, instal saja aplikasi-aplikasi dan simpan data yang benar-benar dibutuhkan, jika memang tidak terlalu penting, dibuang saja.

2. Membersihkan Cache
Cache adalah data penyimpanan berkelanjutan yang tersisa saat dan setelah menggunakan aplikasi. Sama halnya dengan data, cache juga bisa membuat ruang penyimpanan ponsel Anda semakin tipis.

Terutama jika smartphone Anda menjalankan banyak aplikasi yang meyimpan data secara berkelanjutan dan berat, seperti game FIFA atau Asphalt 8.



Nah lakukanlah penghausan cache secara teratur melalui aplikasi terkait yang bisa didownload di PlayStore.

3. Terlalu Banyak Widget
Jangan terlalu asyik menghias tampilan layar ponsel Anda dengan widget-widget, karena justru bisa membuat kinerja handphone Anda terhambat.

cara mengatasi hp android yang lemot dan lambat
Mengurangi widget – ini salah satu cara mengatasi hp android yang lemot
Selain itu, daya baterai juga akan mudah terkuras. Cara agar hp android tidak lemot yang ini ialah dengan memasang saja widget yang memang benar-benar dirasa perlu untuk jalan cepat sebagai shortcut.

Baca juga: Cara Membuat Blog hingga Menghasilkan

4. Mengupdate Firmware
Firmware itu adalah sistem operasi perangkat seluler yang memiliki versi update sendiri. Lakukanlah update jika ada versi yang baru sehingga akan mempercepat kinerja ponsel Anda.

Pastikan juga, Anda melakukan backup data sebelum melakukan update ini. Selain itu, pastikan juga spesifikasi hape Android Anda dengan yang dibutuhkan oleh firmware terbaru tersebut.

5. Hindari Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Secara Bersamaan
Tentu saja, ini termasuk multitasking. Smartphone yang tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar terutama RAM akan kerepotan mengatasinya. Jadi, jalankan saja aplikasi yang dirasa perlu satu per satu.

Itulah beberapa akibat beserta 5 cara mengatasi hp android yang lemot. Semoga bermanfaat ya.

Share this: